11 Cara Mencegah Sinusitis

Sinusitis, bagaimana pencegahannya?

Sinusitis sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada rongga sinus yang terjadi sebagai akibat dari penyumbatan di dalamnya. Pencegahan untuk menghindari sinusitis yang bisa dilakukan diantaranya, yaitu :

Melakukan aktivitas biasa (pergi sekolah atau pergi kerja)

Jika Anda merasa khawatir bahwa sinusitis yang Anda alami akan menular pada teman – teman di sekolah atau rekan kerja, bersikap tenang dan tarik nafas sejenak karena penyakit ini tidak menular. Tetap ambil waktu untuk beristirahat dan kembali lah beraktivitas seperti sediakala ketika Anda merasa cukup sehat

Hindari transportasi jalur udara

Di saat mengalami sinusitis dan Anda lebih memilih transportasi udara, ini akan semakin meningkatkan rasa sakit pada telinga dan komplikasi lainnya. Usahakan untuk memilih transportasi lain sebagai alternatif. Akan tetapi, jika Anda benar – benar perlu mengambil tiket penerbangan, yang harus dilakukan adalah menguap dan menelan ketika pesawat sedang dalam kondisi lepas landas ataupun kembali mendarat.

Hal ini akan membantu dan menjaga saluran tenggorokan dan telinga tetap bersih. Anda juga dapat mencoba untuk menutup lubang hidung Anda (gerakan menyisih ingus), menutup mulut dan hembuskan nafas Anda dengan lembut.

Memilih obat dengan hati – hati

Sinusitis akan membuat area kepala dan wajah terasa sakit. Obat dengan jenis acetaminophen atau ibuprofen akan membuat Anda merasa lebih baik, semprotan hidung dan dekongestan juga dapat melegakan hidung tersumbat, tetapi jangan menggunakannya selama lebih dari beberapa hari.

Tetap terhidrasi

Minum lebih banyak cairan selama gejala sinusitis berlangsung. Minuman yang hangat seperti teh herbal dengan mug yang hangat dapat membantu menghilangkan rasa hidung tersumbat dan kenyamanan secara psikologis

Jangan minum alkohol

Gunakan kompres hangat

Rasa panas dan lembab dapat meredakan tekanan sinus, membuka saluran yang tersumbat di hidung dan mengurangi rasa sakit. Pegang handuk basah di wajah Anda atau hirup uap melalui kain. Mandi air panas juga akan membantu mengencerkan lendir.

Gunakan humidifier

Kosongkan tangki setiap hari dan cuci sebelum mengisinya kembali. Sekali seminggu Anda harus membersihkannya dengan pemutih atau cuka yang telah diencerkan untuk menjaga jamur dan bakteri menjauh.

Jangan terburu – buru untuk berenang

Klorin dalam kolam dapat mengiritasi saluran hidung Anda. Bila ingin berenang, gunakan klip hidung (nose clip).

Bersihkan sinus Anda

Anda dapat membersihkan bagian dalam hidung dengan larutan steril dengan menggunakan botol peras khusus. Pastikan menggunakan air yang matang yang bersih.

Hindari asap rokok

Berolahraga

Baca Artikel Lainnya

Artikel YASA Peduli

Ikuti Kegiatan Terbaru Kami

@yasapeduli

Leave a Comment