Luka Yang Dalam

Dosa Menoreh Luka Yang Dalam

“Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dan mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka. “ (QS. Al-An’am:1)

Hancurnya bangsa, rusaknya hati, robohnya keluarga, kacaunya pendapat, simpang siurnya pemikiran, terhalangnya rezki, kerasnya hati, dan mengeringnya air mata adalah disebabkan dosa dan kemaksiatan. Murka Allah Yang Mahaperkasa, kecemasan, kekhawatiran yang menimpa manusia, serta dibuatnya neraka berikut pemandangan siksa yang pedih, juga disebabkan dosa dan kemaksiatan.

dosa

“Segala puji bagi Allah, Pencipta langit dan bumi. Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaanNya yang dikehendakiNya. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”(QS.Fathir: 11).

Dampaknya dosa itu banyak sekali. Menurut para ulama, setidaknya ada 30! Syaikh Dr.  ‘Aidh al-Qarni berpendapat jika orang yang paling baik berbicara masalah ini adalah Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dalam al-Jawab al-Kahfi Liman Sa’ala ‘an ad-Dawa; asy-syafi, selain juga dalam al-Fatawa. Di samping Ibnul Qayyim, masih banyak ulama yang lain membicarakan masalah ini secara panjang dan lebar, jelas, dan terperinci.

Dr. ‘Aidh al-Qarni dalam buku beliau “Ilaa Alladziina Asrafuu Ilaa Anfusihim” merangkumnya secara global dalam 8 dampak dari dosa, yaitu:

  • Kesempitan dan kegelisahan
  • Terhalangnya rezki
  • Lupa terhadap ilmu
  • Menyebabkan timbulnya kebencian di hati orang lain
  • Keterasingan antara seorang hamba dengan Tuhsn
  • Keras hati
  • Terbuangnya umur
  • Mendapatkan siksa di akhirat, yaitu pada saat seseorang meninggal tanpa tobat dan tanpa membawa kebaikan sama sekali

 

Baca juga :

Buah kurma dan manfaatnya

Berbagi senyuman bersama relawan dan lansia

Larangan mengolok – olok kaum lain

Ikuti kegiatan kami di @yasapeduli

Leave a Comment