Menghindari Kedhaliman

Hindari Kedhaliman

Oleh: Dr. H. Ahmad Djalaluddin, Lc, MA.

“Dan sekiranya orang-orang yang dhalim mempunyai apa yang ada di bumi semuanya dan (ada pula) sebanyak itu besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan itu dari siksa yang buruk pada hari kiamat. Dan jelaslah bagi mereka adzab dari Allah yang belum pernah mereka perkirakan. Dan (jelaslah) bagi mereka akibat buruk dari apa yang telah mereka perbuat dan mereka diliputi oleh pembalasan yang mereka dahulu selalu memperolok-olokkannya”. (QS. Al Zumar: 47-48)

Ancaman super pedih. Orang-orang yang dhalim akan menghadapi adzab yang tak pernah ia perkirakan. Karena kadang mereka menyangka perbuatannya itu baik, sahih, atau ada pembenarnya, sehingga tak mengira akan berbuah adzab.

Mujahid -rahimahullah- berkata, “Mereka melakukan perbuatan yang disangka (perbuatan) baik, ternyata keburukan.” Sufyan al Tsauri -rahimahullah- berkata, “Celaka bagi yang riya’. Celaka bagi yang riya’. Celaka bagi yang riya’. Inilah ayat-ayatnya. Inilah kisahnya.”

Ikrimah bin Ammar -rahimahullah- bercerita bahwa Muhammad bin Al Munkadir menjelang kematiannya tampak sangat khawatir. Ia ditanya, mengapa tampak khawatir. Muhammad al Munkadir berkata, “Aku takut satu ayat dalam Al Qur’an, ‘Dan jelaslah bagi mereka adzab dari Allah yang belum pernah mereka perkirakan.’ Aku takut ditampakkan sesuatu (adzab) yang tak pernah aku perkirakan.”

Baca Artikel Islami Lainnya

Artikel Islami YASA Peduli

Ikuti Kegiatan Sosial Terbaru Kami

@yasapeduli

Leave a Comment