Optimalkan Pemasaran Bisnismu Dengan Instagram Stories

photo 2020 12 30 08 17 36

Dari beberapa fitur yang bisa kita pakai di Instagram. Instagram stories merupakan salah satu dari sekian fitur yang bisa kita manfaatkan untuk pemasaran bisnis. Bisa dibilang, Instagram stories memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis melalui media sosial.

Tidak hanya menyenangkan dan mengasah kreatifitas penggunanya. Instagram stories menjadi cara yang mudah untuk meningkatkan komunikasi ke target audience terkait dengan brand awareness, tingkat engagement di Instagram, dan bahkan meningkatkan penjualan di Instagram.

Mengapa Instagram Stories menjadi peluang yang besar untuk melakukan pemasaran

Sejumlah 500 juta dari 1 milyar pengguna aktif Instagram mengunggah stories setiap harinya. Dari sinilah Instagram stories menjadi peluang besar untuk mendapatkan pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan target audience.

Ada beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran media sosial melalui Instagram stories. Beberapa pilihannya bisa dilakukan dengan cara ini.

Bikin story poll

Untuk menjaga interaksi dengan audience. Kita bisa bikin konten menarik dengan story poll.

Melansir dari Later, Polling dapat mendorong lebih banyak interaksi dengan audiens. Misal, kita bisa membuat konten secara teratur untuk menanyakan pendapat audiens tentang item mana yang harus kita pilih untuk mendekor rumah.

Keliatannya memang seperti percakapan spele, tetapi hal ini merupakan cara efektif untuk komunikasi yang kuat di Instagram.

Dalam meningkatkan brand awareness, kita bisa menanyakan kepada audiens tentang produk apa yang cenderung mereka pakai dalam topik tertentu mengenai brand kita.

Selain poll, kita juga bisa menggunakan emoji sticker yang disesuaikan dengan postingan maupun brand yang akan kita bagikan.

Stickers atau GIF

Pilihan menggunakan sticker atau gif ini dapat membantu mengoptimalkan brand produkmu secara spesifik. Beragam sticker dan gif lucu dapat menghias setiap postingan yang dibagikan melalui Instagram Stories. Sticker dan gif bisa dengan mudah menarik perhatian melalui postingan Instagram Stories.

Sticker ini bisa dibuat berdasarkan gaya khusus untuk menunjang kreativitas target audiens. Begitu juga dengan Gif animasi. Caranya cukup masukkan keyword pada kolom pencarian, dan tinggal pilih sticker maupun gif yang diinginkan.

Filter AR

Instagram membuka Spark AR Studio untuk pada tahun 2019. Dengan Spark AR ini, semua pengguna dapat membuat dan mengirimkan filter AR untuk ditampilkan di Instagram jika mau.

Tahukah Spark AR? Tool yang membutuhkan keahlian khusus, tetapi dengan bantuan desain yang tepat, Spark AR dapat membantumu menjangkau target audiens baru. Tool ini dapat menciptakan filter yang biasa kita pakai di Instagram.

Melansir dari Later, beberapa brand merilis dua filter AR yang terinspirasi dari produk mereka yaitu Jet Lag dan CC Me Glow. Tujuannya supaya bisa menjangkau audiens lebih luas mengenai brand mereka.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa artis yang merilis filter AR ini, salah satunya Tantri Namirah. Dimana sticker ini dapat mencerminkan khas dari author maupun produk tertentu. Selain itu, filter dapat disesuaikan sesuai target audiens yang dapat meningkatkan brand awareness.

Kamu tertarik untuk bereksperimen menggunakan filter AR sesuai gayamu?

Template Instagram Stories

Kalian pasti pernah melihat template Instagram stories. Baik itu yang berupa template QnA, this or that, bingo atau template yang berhubungan dengan kelucuan suatu profesi.

Template merupakan pilihan popular yang dapat membranding produk kalian. Misalkan, ketika kalian akan mempromosikan produk yang berhubungan dengan produk makanan, kalian bisa menggunakan template this or that yang berkaitan dengan makanan.  

Secara visual, template dapat menarik perhatian kita dan bisa di share dengan mudah. Siapa pun bisa mengikuti permainan template Instagram stories ini.

Highlight Instagram Stories

Karena waktu yang dimiliki Instagram stories hanya bisa sampai 24 jam. Membuat highlight adalah pilihan yang tepat untuk mengarsip konten Instagram stories.

Kalian bisa mengarsipnya dengan menggunakan judul spesifik, dan menggunakan design cover highlight untuk masing-masing kategori.

Instagram Live

Mengadakan Live Instagram menjadi pilihan yang banyak digunakan ketika masa quarantine pandemi. Karena pengguna bisa dengan mudah bergabung untuk mengikuti sesi diskusi maupun live webinar. Live Instagram juga bisa digunakan untuk kolaborasi bareng influencer dalam memperkenalkan produk baru.

Live Instagram memberikan pengalaman unik, dimana audiens bisa menonton live video secara interaktif dan bisa berpartisipasi langsung untuk memberikan respon. Live Instagram bisa disimpan apabila audiens tidak bisa mengikuti live pada saat itu juga.

Kita bisa membuat live Instagram yang membahas tentang topik terkini. Selain itu, menggunakan Live Instagram bisa membantu pebisnis untuk menjangkau audiens secara real-time.

Instagram Stories Ad

Kalian juga bisa memanfaatkan Instagram Stories Ad. Pernah kan liat iklan di story pas kalian lagi asik mantengin story Instagram. Nah, itu adalah layanan Instagram Stories Ad dari Instagram.

Kalian bisa menjangkau lebih banyak audiens. Tapi pastikan kalau target audiensnya tepat sasaran ya, sesuai dengan pasar bisnis kalian. Cara menggunakan Instagram Stories Ad ini hamir sama dengan Instagram Ad. Koneksikan dengan Facebook Page bisnismu.

Instagram stories memungkinkan brand produkmu lebih dekat dengan audiens sehari-harinya. Mengoptimalkan konten Instagram Stories untuk social media marketing bisa banget kalian mulai dari sekarang.

Leave a Comment