Kunci Kebahagiaan Di Dunia dan Akhirat: Istri Shalihah

Kunci Kebahagiaan di Dunia dan Akhirat

Kunci Pertama meraih kebahagiaan di dunia serta akhirat adalah memiliki istri yang shalihah.

Memang tidak dapat disangkal lagi bahwa seseorang akan merasakan kebahagiaan di dunia manakala ia memiliki seorang wanita shalihah sebagai istrinya. Karena itu dalam Islam, seorang muslim yang ingin menikah, dia harus menikah dengan wanita yang shalihah. Janganlah menikah dengan wanita hanya karena kecantikan wajahnya, kepandaian dan kepintaranya atau karena status sosialnya yang tinggi.

Kriteria keshalihan ini amat penting, sebab wanita yang shalihah itu mampu bertindak sebagai pengasuh yang terampil dan pemelihara yang teladan bagi generasi penerusnya. Dia juga dapat mengatur rumah tannga dengan baik karena kemampuan ini telah menjadi miliknya. Seorang wanita shalihah telah tertanam dalam dirinya aqidah yang murni, akhlak yag luhur, dan kemampuan berfikir ke arah masa depan yang lebih baik.

Dengan demikian, memiliki istri yang shalihah menjadi keharusan yang tidak bisa di hindarkan bagi pemuda muslim yang ingin merasakan kebahagiaan di dunia. Selanjutnya keshalihan ini harus dibina bersama dalam kehidupan rumah tangga dengan suaminya yang shalih.

Tentang gambaran istri yang shalihah, Allah Subhanahu wa ta’ala menggambarkan dalam firmaNya:

فَٱلصَّٰلِحَٰتُ قَٰنِتَٰتٌ حَٰفِظَٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُ

“Maka wanita yang shalihah adalah yang taat pada Allah lagi memelihara diri dibalik pembelakangan suaminya oleh karena Allah memelihara (mereka).” (QS. An-Nisa: 34).

Sementara dalam hadits, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menyatakan,

Sebaik-baik wanita (istri) ialah yang dapat menyenangkan hatimu bila engkau melihatnya, taat kepadamu jika kamu perintahkan, serta ia menjaga dirinya dan hartamu sewaktu kamu pergi.” (HR.Tabrani).

Baca Artikel Keluarga Lainnya

Artikel Keluarga Yasa Peduli

Ikuti Kegiatan Soisla Terbaru Kami

@yasapeduli

Leave a Comment