Bangkit Setelah Gempa 6,1 SR

Gempa Malang April lalu meninggalkan luka cukup dalam pada hati santri dan kyai dari Pondok Pesantren Asy-Syafi’iyah, Ampelgading, Malang. Karena gempa, mereka harus kehilangan hampir seluruh bangunannya. Bangunan umat yang sehari-harinya digunakan untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah kini berupa puing-puing yang berserakan di tanah. Bahkan beberapa bangunan hanya berupa tanah karena terseret oleh tanah longsor.

127 santri kini tidak lagi memiliki tempat bernaung dan belajar. Ruang kelas, kamar mandi, dan mushola lenyap begitu saja. Sedangkan asrama tempat para santri tinggal mengalami kerusakan yang cukup parah. Kini mereka hanya bisa menunggu bangunan pondok berdiri kembali. Ikhitiar Pondok Asy-Syafi’iyah adalah dengan mengirimkan proposal bantuan ke pusat. Sayangnya bantuan tersebut belum mereka dapatkan.

Beberapa komunitas sekitar menujukkan rasa kepeduliannya dengan mengirimkan berbagai bahan bangunan. Akan tetapi pembangunan belum terlaksana karena keterbatasan membayar tukang. Pembangunan pondok kembali tidak begitu saja dapat dieksekusi. Keterbatasan dana menjadi alasan utamanya. Dana yang dibutuhkan pun semakin tinggi karena akses jalan yang terbatas sehingga menyebabkan harga bahan bangunan melambung.

“Kalau dana habis, pembangunan terpaksa berhenti dulu. Kita berusaha cari dana lagi. Harus terus berusaha sampai (bangunannya) berdiri lagi. Santri-santri sudah rindu belajar disini.”

Ucap Ustadz Syakur selaku Kyai pondok As Syafi’iyah.

Juni (29/6) lalu YASA Malang bersillahturahmi dan memberikan bantuan sebesar Rp 12.000.000 ke Pondok Pesantren Asy-Syafi’iyah. Kini pembangunan terus dilakukan dengan dana seadanya. Alhamdulillah asrama putri sudah 70% rampung. Dan hingga detik ini semangat untuk mendirikan bangunan pondok kembali masih terus berkobar.

Bencana gempa ini menjadi pengingat bahwa kita hidup di dunia untuk membawa bekal di akhirat nanti. Setiap yang kita miliki saat ini akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah. Dan dibalik kerugian material, terdapat kesempatan untuk meraih bekal akhirat yang bersifat jariyah.

 

pondok Asy yafi'iyah

Sudah siapkah Anda untuk menabung pahala akhirat? Jadilah bagian dari kebaikan dalam membangun kembali pondok pesantren Asyafi’iyah

Lihat lebih riil, keadaan setelah gempa dan longsor menyerang pondok di video ini

Satu Hati Sejuta Peduli

Leave a Comment