Pondok IT

Masalah pengangguran telah menjadi beban bagi bangsa kita. Apalagi dengan adanya pandemi Covid 19, maka jumlah pengangguran semakin bertambah. Hal ini sangat rawan menimbulkan masalah kejahatan dan gejolak sosial.

Sementara itu, dalam dunia yang semakin tua ini, manusia tidak bisa terlepas dari teknologi informasi yang semakin maju dengan  pesat. Dalam perkembangannya, Ilmu teknologi informasi telah digunakan oleh sebagian besar umat manusia di bumi ini  mulai dari sarana bermaksiat kepada Allah subhanahu wa ta’ala sampai sarana mengajak orang untuk kembali kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Ilmu teknologi informasi telah menjadi salah satu peran yang besar dalam mempengaruhi kehidupan  masyarakat.

Pondok IT merupakan sebuah komunitas berbasis pondok serta tempat bernaungnya para pelajar yang terfokus pada  pengembangan ilmu teknologi. Kami berkeinginan untuk mengembangkan ilmu IT dalam hal yang positif. Berkarya untuk  masyarakat dan memiliki andil dalam kemajuan bangsa dan agama Islam khususnya. Pondok IT berdiri sebagai wujud  kontribusi dan solusi alternatif bagi pendidikan di Indonesia serta wujud pengabdian kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.  Pondok IT membantu anak-anak muda yang memiliki passion di bidangnya masing-masing.

Ada banyak solusi yang ditawarkan namun setiap solusi tentunya harus tepat pada sasaran permasalahan. Solusi yang  kami tawarkan di Pondok IT Malang diantaranya :

  1. Biaya pembelajaran gratis 100%, solusi ini jelas akan mengatasi masalah finansial santri atau
  2. Fokus dan sesuai passion, pembelajaran di Pondok IT fokus pada materi-materi yang ter-fokus pada pendalaman skill, yang tidak kalah penting yaitu tentang passion santri, yakni apa yang menjadi kesukaan santri. Ketika santri mencintai apa yang ia pelajari maka dia akan belajar serasa bermain.
  3. Proses pembelajaran juga melibatkan kasus nyata yang ada di lapangan. Case study (Studi kasus) ini ada yang bersifat komersil dan sosial.
  4. Output/Lulusan yang dihasilkan jelas parameternya, yakni dengan karya dan sumbangsih yang santri bangun selama masa pembelajaran kepada masyarakat.
  5. Lulusan dari Pondok IT selain mandiri juga jelas rencana kedepannya, karena goal santri akan dimonitoring dari awal sampai lulus dan setelah lulus diharapkan goalnya sudah dekat.

Dengan solusi yang kami rumuskan tersebut, diharapkan dapat mengatasi permasalahan anak-anak terutama lulusan SMA/SMK yang ada. Harapan besar kami agar bisa bermanfaat untuk agama dan untuk masyarakat.

TARGET PENDIDIKAN PONDOK IT MALANG

  1. Memiliki pondasi Keimanan & Ketaqwaan
  2. Mempunyai Interpersonality & Intrapersonality
  3. Memiliki skill yang sesuai dengan program yang diambil
  4. Mempunyai pengalaman yang cukup untuk dihargai ataupun membangun unit usaha
  5. Mampu menjadi Mentor (Pembimbing) bagi adik kelas
  6. Budaya Menolong dan Berbagi menjadi Habbit
  7. Memiliki skill mumpuni dan pengetahuan agama yang baik.

Untuk Pondok IT Malang, Angkatan pertama berjumlah 11 orang dan telah memulai proses pembelajarannya pada Maret 2021 dengan Jurusan Internet Marketing. Santri marketer akan dididik untuk menjadi seorang yang mempunyai kemampuan dalam menjual dan menawarkan sebuah produk (barang/jasa) baik secara online maupun offline.

Lokasi Pondok IT Malang:

Jalan Candi Mendut Barat No. 22A, Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang

“Wujudkan Kemandirian, Bangun Peradaban”