Anda Sedang Stres? Coba 5 Tips Ampuh Ini Untuk Mengelolanya

image 9

Mau yang ringan maupun berat, stres merupakan bagian dalam hidup yang tidak bisa Anda hindari. Memang ada kondisi yang terjadi diluar kendali Anda sebagai manusia. Tetapi Anda bisa mengontrol diri untuk menghadapi kondisi tersebut.

Permasalahan keuangan, hubungan, keluarga, atau pekerjaan memang dapat memicu terjadinya stres. Apabila Anda sedang merasakan stres saat ini, Anda bisa mencari cara untuk mengelola stres.

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi stres yang tengah dihadapi. Stress ketika di tempat umum atau ketika di rumah memiliki cara yang berbeda untuk mengelolanya.

Hal ini menjadi penting untuk Anda mengetahui cara mengelolanya ketika stres melanda di mana pun Anda berada.

Berikut rangkuman untuk mengelola stres jangka pendek yang bisa Anda lakukan.

1. Guided Imagery

guided imagery
© Unsplash.com

Dilansir dari Verywellmind , Guided Imagery merupakan Teknik dimana Anda membayangkan sedang berada di tempat nyaman yang Anda inginkan. Anda bisa membayangkan sedang duduk di pantai, mendengarkan deburan ombak, mencium aroma laut, dan merasakan pasir dengan kaki Anda.

Mudahnya, pejamkan mata selama beberapa menit dan bayangkan diri Anda sedang berada di tempat dan kondisi yang Anda inginkan. Rasakan bahwa Anda sedang berada di tempat nyaman tersebut.

Setelah beberapa menit buka mata Anda dan kembali menjalani rutinitas yang sedang Anda jalani saat ini.

2. Perhatikan dan fokus pada pernafasan Anda

image 5
© Unsplash.com

Berfokus pada pernafasan dan mengubah bagaimana cara Anda bernafas dapat membuat perbedaan besar pada tingkat stress yang sedang Anda hadapi.

Teknik pernafasan dapat menenangkan tubuh dan otak Anda dalam beberapa menit. Misalkan, ketika Anda berada pada interview kerja yang menegangkan atau berada pada rapat yang penuh tekanan.

Dilansir dari Verywellmind, pernafasan karate  dapat Anda coba dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Tarik nafas melalui hindung hingga memenuhi perut Anda. Perlahan sampai hitungan ketiga. Tahan selama satu detik, kemudian hembuskan. Ulangi dengan cara yang sama.
  • Ketika sedang menarik nafas, bayangkan Anda sedang menghirup udara yang tenang dan damai. Ketika menghembuskan nafas, bayangkan Anda menghembuskan stres dan beban.

3. Memeluk orang tersayang

image 6
© Unsplash.com

Sentuhan fisik dapat membantu mengurangi stres yang sedang Anda alami. Apalagi ketika mendapat pelukan dari kesayangan.

Saat berpelukan, hormon oksitosin atau yang juga dikenal sebagai hormon pelukan dilepaskan. Oksitosin dikaitkan dengan kebahagiaan. Sehingga Anda bisa merasakan bahagia dan tingkat stres menurun saat berpelukan.

Jadi, baik untuk Anda bisa mendapatkan pelukan dari orang tersayang ketika stres melanda.

4. Positive Self-talk

image 7
© Unsplash.com

Positive self-talk atau berbicara secara positif pada diri sendirimerupakan hal yang penting. Ragu akan diri sendiri, kritik diri yang terlalu keras, dan ketakutan akan hal-hal yang belum tentu terjadi bisa berbahaya bagi diri.

Pemikiran negatif dapat memperparah stres yang Anda hadapi. Sehingga, mulailah untuk mengembangkan pembicaraan yang positif pada diri sendiri.

Berbicara pada diri sendiri secara realistis, penuh kasih sayang dan optimis. Hal tersebut dapat membantu membentuk tindakan positif dan mengelola emosi Anda.

5. Olahraga

image 8
© Freepik.com

Aktivitas fisik memiliki pengaruh yang signifikan untuk mengelola stres. Hal ini juga berpengaruh pada kesehatan mental Anda. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah olahraga.

Anda bisa mengikuti kelas gym, lari maupun jalan kaki 1000 langkah di sekitar rumah, atau renang. Lakukan jenis olahraga yang Anda senangi. Mulailah rutin dari sekarang untuk menghilangkan stres yang sedang Anda hadapi.

Dari 5 cara untuk mengelola stres di atas. Anda juga harus memperhatikan tingkat stres yang sedang Anda hadapi. Ketika stres sudah masuk ke tahap yang berat atau kronis. Anda bisa mengubungi professional untuk membantu menghilangkan stres. Jangan biarkan stres mengambil alih kesejahteraan hidup Anda.

Leave a Comment