Manfaat Shalat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Shalat Untuk Kesehatan Tubuh

Shalat merupakan ibadah yang paling dicintai Allah SWT karena aktivitas Shalat dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Tidak hanya untuk mendekatkan diri pada Allah, Shalat juga bermanfaat untuk menenangkan hati, menyehatkan mental dan fisik secara keseluruhan.

Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan

Bahkan hal ini juga dibuktikan dari beberapa penelitian ilmiah. Berikut ini manfaat gerakan shalat untuk kesehatan seperti dikutip dari Islamic Finder.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Beberapa gerakan Shalat terbukti dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Misalnya pada posisi rukuk, dimana aliran darah bagian atas diatur. Sedangkan pada posisi tasyahud, aliran darah bagian bawah diatur.

  1. Melancarkan Pencernaan

Menurut penelitian tersebut, gerakan Shalat juga membantu pencernaan tubuh. Sebagai contoh, selama keadaan tasyahud, atau posisi duduk dengan menopang pada 1 kaki melengkung di bawah mereka dan wanita duduk dengan kedua kaki di bawah mereka. Postur sedemikian rupa memungkinkan dan melanjarkan pencernaan. Ini meningkatkan fungsi hati dan mengendurkan usus, yang pada akhirnya memfasilitasi pergerakan usus di dalam tubuh. Shalat juga dapat membantu meringankan sembelit.

  1. Meredakan Nyeri Punggung dan Nyeri Sendi

Gerakan Shalat dalam posisi rukuk tidak hanya dapat melancarkan peredaran darah, tapi juga dapat mengatasi beberapa keluhan, seperti:

  • Nyeri pinggul
  • Nyeri dengkul
  • Nyeri telapak kaki
  • Nyeri tulang belakang

Posisi tubuh selama sujud dan rukuk membantu membuka dan meringankan persendian. Penggunaan sendi secara rutin membuat mereka sehat dan berfungsi. Selain itu, posisi rukuk membantu mengurangi rasa sakit di punggung bawah dengan merilekskan ligamen dan otot (mirip dengan yoga). Ini juga membantu meringankan rasa sakit di sumsum tulang belakang dan sendi pinggul. Dengan relaksasi tulang belakang ini, sakit punggung dan penyakit tulang belakang juga dapat dihindari. Shalat secara keseluruhan merilekskan sendi bahu, siku, lutut, pergelangan kaki, dan pinggul.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada dasarnya, Shalat juga bentuk olahraga dan meningkatkan metabolisme seseorang, termasuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Gerakan Shalat ini melibatkan haluan di arteri belakang, sehingga tekanan darah yang mengalir ke jantung menjadi lancar. Bahkan posisi sujud dapat memecahkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga dapat mencegah jantung koroner. Sebagai tambahan, pada saat melalakukan sujud posisi jantung lebih tinggi dari pada otak. Sehingga otak mendapatkan pasokan oksigen dari jantung melalui darah yang akan meningkatkan kecerdasan manusia.

  1. Menyehatkan Mental

Menurut ilmu pengetahuan modern, salah satu bentuk olahraga paling sehat adalah yoga. Telah ditemukan bahwa seluruh gerakan Shalat menyerupai gerakan-gerakan yang ditemukan dalam gerakan yoga. Seperti yang kita tahu, yoga tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebugaran fisik, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental. Yoga dapat membawa harmoni dalam kehidupan seseorang dengan menyatukan semua aspek kehidupan termasuk:

  • Fisik
  • Sosial
  • Spiritual
  • Psikologis

Inilah tepatnya yang dirasakan saat Shalat, yaitu dapat menimbulkan keharmonisan dan kedamaian sepenuhnya dalam diri seseorang. Selain itu, Shalat juga berfungsi sebagai penghilang stres dan kecemasan.

  1. Membuat Jiwa Lebih Damai

Bila dengan Shalat saja bisa menyehatkan mental, seseorang yang melakukanya dengan khusuk juga akan merasakan jiwa yang lebih tenang. Terlebih, dengan doa-doa yang kita panjatkan pada Allah SWT, Shalat menjadikan jiwa kita lebih dekat dengan-Nya, sehingga seseorang akan lebih tenang menjalani kehidupan.

  1. Memengaruhi Postur Tubuh

Dalam jangka panjang, postur tubuh yang tidak baik dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain. Itulah mengapa, manfaat gerakan Shalat yang juga penting adalah membuat postur tubuh menjadi lebih ideal. Posisi berdiri saat takbir membuat postur tubuh semakin baik. Posisi tubuh harus benar-benar tegak dan tahu betul bagaimana menopang berat badan. Terlebih, gerakan Shalat dilakukan beberapa kali dalam sehari sehingga postur tubuh terlatih lebih tegak.  

Sholat untuk apa ibadah

Ikuti Kegiatan Terbaru Kami
 

Leave a Comment