Bakti Sosial dan Cek Kesehatan Gratis Di Donomulyo

Bakti Sosial di Desa Donomulyo

Minggu pagi sekitar pukul 06.00, rombongan LAZ YASA Malang bersama dengan Care Each Other (CEO) berangkat menuju lokasi bakti sosial yang bertempat di Desa Donomulyo, Kabupaten Malang.  Perjalanan memakan waktu kurang lebih 3 jam, dikarenakan akses jalan menuju Desa Donomulyo yang masih kurang bagus dan juga letaknya yang cukup pelosok. Setibanya disana, kami disambut oleh pimpina ONE’S Bimbel yakni Ustadz Yuan. Dan juga banyak dari masyarakat yang sudah hadir, bukan hanya dari kalang orang tua dan lansia saja tetapi juga dari kalangan anak-anak.Bakti Sosial dan Cek KEsehatan Donomulyo

Pada kegiatan bakti soisal kali ini, LAZ YASA Malang bekerjasama dengan ONE’S Bimbel, CEO dan juga Klinik Fasyfini. Kegiatan dibuka dengan pembacaan surah at-thoriq yang dilantuntan oleh salah seorang pelajar ONE’S Bimbel dan dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan dari pihak YASA disampaikan langsung oleh direktur YASA, yakni Ustadz Andi. Dalam sambutannya Ustadz Andi memperkenalkan kepada masyarakat yang hadir mengenai laz yasa yang merupakan lembaga amil zakat. Pak Andi juga mengatakan bahwa akan memberikan baesiswa bagi anak yatim dan dhuafa’ yang berprestasi dan juga bagi mereka yang menghafal al-qur’an. Karena memang salah satu program YASA adalah memberikan beasiswa bagi anak yatim piatu dan dhuafa’.

Bakti Sosial dan Cek KEsehatan Donomulyo

Kegiatan bakti sosial di Desa Donomulyo meliputi pembagian sembako kepada masyarakat dhuafa’, bazar baju murah dan juga pengecekan  kesehatan seperti cek gula darah, cek kolestrol, cek asam  urat, cek tensi dan juga ada sesi penyerahan al-qur’an secara simbolis untuk anak asuh. Sistem pembagian sembako yakni dengan memberikan kupon yang berisi nomor dan juga nama sang penerima. Setelah nama dipanggil sesuai nomor urut, pihak panitia memberikan paket sembako dan setelahnya penerima akan foto bersama. Masyarakat dhuafa’ yang menerima sembako sekitar 80 orang. Kegiatan bakti sosial ditutup dengan pembacaan do’a oleh ustadz dari desa setempat. Selanjutnya pengunjung atau masyarakat dipersilahkan untuk melakukan pengecekan kesehatan dan juga bisa mengunjungi bazar baju murah.

Cek Kesehatan Gratis

Mayarakat melakukan cek kesehatan bersama CEO dan juga Klinik Fasyfini. Setelahnya pihak klinik fasyfini akan memberikan obat bagi mereka yang kurang sehat atau mereka yang meiliki keluhan. Ternyata banyak dari masyarakat yang mengeluhkan sakit, bukan dari kalangan orang tua saja melainkan anak muda yang usianya masih 24 tahun pun memiliki keluhan. Maka dari itu sangat penting bagi kita sebagai manusia untuk menjaga pola makan sedari muda, konsumsi air putih yang cukup. Makanan yang masuk ke tubuh dengan energi yang dikeluarkan harus seimbang, agar makanan bisa diolah dan dekeluarkan dengan baik sehingga baik untuk tubuh.  Karena dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat, itu merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Bakti Sosial dan Cek KEsehatan Donomulyo

Bakti Sosial dan Cek KEsehatan Donomulyo

Bazar Baju Murah

Untuk bazar baju murah, baju yang dijajakan merupakan baju yang masih layak pakai dan dijual dengan harga murah. Setelah kegitan selesai, bapak-bapak warga setempat langsung bergotong royong merapihkan tempat tersebut supaya kembali seperti semula. Selama kegitan pihak pengelenggara pun menyediakan handsanitizer dan juga masker, agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan.

Bakti Sosial dan Cek KEsehatan Donomulyo

Sejatinya kegiatan bakti sosial ini diadakan guna sebagai sarana dakwah, karena salah satu sarana yang mudah diterima oleh kalangan masyarakat adalah dengan melakukan pengecekan kesehatan gratis, tutur Ustadz Andi.

Satu Hati Sejuta Peduli

Ikuti Kegiatan Sosial Lainnya: @yasapeduli

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment