Pondok Kami Belum Bisa Berdiri Kembali

Pondok Asy Syafi’iyah Masih Berupa Puing-Puing

Selasa (1/9) YASA Malang berkesempatan bersilaturahmi ke Ampelgading, Kabupaten Malang serta memberikan bantuan untuk pembangunan pondok sebesar Rp 15.000.000.

Pondok Asy Syafi'iyah

Pondok pesantren Asy Syafi’iyah menjadi puing-puing karena gempa 6,1 SR April lalu. Kedatangan kami disambut dengan pagar yang berlubang di salah satu sisi. Di belakang pagar tersebut, dulunya berdiri bangunan dua lantai berdinding biru. Tetapi kini tinggal lantai semen dan puing-puing bangunan yang dikumpulkan di salah satu sudut bangunan. Terlihat beberapa tangga berkeramik yang menghubungkan luar bangunan dengan dasar bangunan. Dahulu bangunan tersebut digunakan untuk mushola, ruang kelas, dan asrama laki-laki.

Pondok Asy Syafi'iyah Pondok Asy Syafi'iyah

Beberapa besi penyangga yang baru tergeletak di lantai dasar bangunan. Ust Syakur selaku Kyai Pondok Asy Syafi’iyah mengaku bahwa harga besi penyangga sedang melambung tinggi. Selain itu, dana yang dimiliki pun sudah menipis. Beliau terpaksa menunda pembangunan lebih lanjut.

Pondok Asy Syafi'iyah

Salah satu kamar mandi yang sempat retak dan hancur di beberapa tempat kini sudah berdiri kembali dan layak pakai. Tetapi asrama laki-laki belum selesai dibangun. Dengan terpaksa, beberapa santri laki-laki harus rela tidur di bekas kandang kambing yang di renovasi.

Kandang kambing itu terbuat dari bambu dan kayu. Sudah pasti udara dingin malam hari tidak dapat dihindarkan. Apalagi mereka tidur tanpa kasur. Mereka berusaha dengan keadaan yang ada demi mempelajari agama Allah.

Semangat para santri pondok As Syafi’iyah masih terus berkobar. Mereka berusaha memenuhi dana yang diperlukan. Meski terbatas dan entah kapan selesainya, ikhitiar mereka tidak pernah putus.

Pondok Asy Syafi'iyah

“Kalau dana habis, pembangunan terpaksa berhenti dulu. Kita berusaha cari dana lagi. Harus terus berusaha sampai (bangunannya) berdiri lagi. Santri-santri sudah rindu belajar disini.”

Ucap Ustadz Syakur selaku Kyai pondok As Syafi’iyah.

Jadilah bagian dari kebaikan dalam membangun kembali pondok pesantren Asyafi’iyah

Satu Hati Sejuta Peduli

Lihat Aksi YASA Malang lainnya

Aksi YASA Peduli

Dapatkan update terbaru kami

@yasapeduli

Leave a Comment